Jumat, Februari 19, 2010

Comment Movie "I Robot"

I Robot adalah sebuah film dengan menggunakan teknologi canggih yang dapat menciptakan interaksi antara manusia dan robot. Film yang berdurasi sekitar 1 jam 45 menit ini menampilkan setting waktu pada tahun 2035 dengan setting kota chicago. Dikota ini terdapat sebuah perusahaan robot terbedar dengan nama USR (United State Robotics) yang memproduksi robot untuk membantu manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Hukum yang berlaku pada setiap robot ada 3 hal yaitu robot tidak boleh membunuh atau melukai manusia, robot harus mematuhi peritah manusia sepanjang tidak menyalahi aturan pertama, dan robot harus melindungi dirinya sendiri selama tidak melanggar aturan pertama dan kedua.
Sistem terus berjalan selama bertahun-tahun hingga memproduksi robot dengan tipe NS-5, yaitu sebuah robot yang memiliki teknologi canggih dibandingkan dengan tipe-tipe robot yang diproduksi sebelumnya. USR menciptakan V.I.K.I untuk melindungi setiap robot dan merupakat pusat dari seluruh kegiatan yang dilakukan oleh setipa robot yang diproduksi oleh USR. Karena di dalam setiap robot yang diproduksi oleh USR, terdapat sebuah teknologi yang dapat berhubungan langsung dengan V.I.K.I sebagai komputer central. Suatu saat semua robot ditarik oleh USR hingga hanya terdapat NS-5 sebagai jenis robot satu-satunya yang terdapat di kota tersebut. Dan keadaan tersebut diperparah ketika doctor Lanning, yaitu seorang professor yang bekerja untuk USR ditemukan mati secara misterius. Karena hal tersebut seorang detektif kepolisian chicago bernama MR. Spooner (Will Smith) ditugaskan untuk menyelidiki kematian professor tersebut. Untuk mencari penyebab kematian tersebut spooner menemui pemilik USR bernama Lewrence Robertson untuk mengetahui lebih lanjut mengenai robot-robot yang diproduksinya. Spooner berpendapat bahwa yang membunuh doctor lanning adalah robot, namun Lawrence dan doctor Calvin (assistan doctor lanning) tidak mempercayai hal tersebut. 
Saat sedang melakukan penyelidikan ia bertemu dengan sebuah robot NS-5 yang bernama Sonny. Sebuah robot yang memiliki impian untuk bebas dari semua hukum-hukum yang berlaku di USR, dan berharap akan bebas dari semua itu oleh seorang manusia yaitu detektif Spooner sendiri. Di waktu yang berbeda V.I.K.I mempunyai pemikiran yang mengontrol semua robot untuk memusnahkan semua umat manusia dan membuat robot-robot yang awalnya sangat patuh terhadap perintah manusia berbalik menyerang dan membunuh semua umat manusia. Dengan bantuan Sonny dan Doctor Calvin ia akhirnya berhasil membuat robot-robot kembali ke keadaan awal dan patuh terhadap 3 hukum yang berlaku bagi robot.

0 komentar:

Posting Komentar