Selasa, Oktober 06, 2009

Chatting Facebook dalam Pidgin

Ingin chatting dengan teman anda di facebook tapi tidak ingin membuka aplikasi facebook di web browser atau dengan membuka www.facebook.com, sekarang mudah hanya dengan menggunakan plugin Pidgin-Facebook chat. Plugin Pidgin Internet Messenger sendiri adalah sejenis aplikasi yahoo messenger untuk ber-chatting dengan orang-orang yang anda kenal.

Terdapat beberapa perbedaan antara pidgin internet messenger dengan YM, jika pada YM di windows hanya dapat digunakan untuk anda yg memiliki account yahoo, hal tersebut tidak berlaku pada aplikasi pidgin internet messanger, dalam aplikasi ini terdapat multi account yaitu melalui jaringan MSN, Google Talk, ICQ, AIM, IRC, Gadu-gadu, MySpace Chat,dll.

Untuk anda yang sudah menggunakan sistem operasi Linux pada PC atau laptop anda, plugin ini sudah otomatis tersedia, anda hanya tinggal menginstallnya saja untuk memakai plugin ini, caranya adalah;
- masuk ke menu System, pilih Administrations kemudian masuk ke menu Synaptic Package Manager
- search Facebook, kemudian checklist pidgin-facebook chat (mark for installation), pilih apply.
- selanjutnya clik icon apply pada menu synaptic package manager, pilih Aplly untuk mendownload plugin ini.


cat : untuk menginstall plugin ini, sebelumnya kita harus terkoneksi terlebih dahulu dengan jaringan internet yang kita miliki, agar plugin tersebut dapat mendownlaod subprogram yang ada didalamnya.


setelah program terinstall, kita tinggal menambahkan account facebook kita dengan cara:
- Pilih menu applications, pilih Internet, pilih aplikasi Pidgin Internet Messager 
- masuk menu account, pilih manage account
- pada jendela manage account, pilih add
- di menu basic masukkan pilih menu protocol dengan facebook, masukkan username account facebook anda, serta passwordnya, checklist remember password
- pada submenu user option. masukkan local-alias yang anda inginkan (untuk menampilkan username pada pdgin anda saat anda ber-chatting. anda jg dapat mengchecklist new mail notification serta use this buddy account for this option (foto yang akan tampil)


cat : pada menu use the buddy account tidak usah di checklist, sebab tampilan foto diri anda tidak bisa berubah kembali.


Proses penginstallan plugin ini selesai..
silahkan mencoba semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar