Minggu, Oktober 04, 2009

VirtualBox On ubuntu 9.04

Pada saat mulai beralih menggunakan OS Linux, saya bingung sebab ada beberapa aplikasi yang tidak dapat berjalan pada OS Linux walaupun sudah menggunakan Wine Microsoft Windows, padahal saya sangat membutuhkan aplikasi tersebut untuk mengerjakan tugas-tugas harian. Jadi mau tidak mau saya harus mencari sebuah mesia virtualisasi untuk tetap bisa menjalankan aplikasi berbasis windows tanpa harus membagi OS pada komputer saya menjadi beberapa OS. Kemudian saya memilih menggunakan VirtualBox untuk digunakan pada Linux Ubuntu 9.04 milik saya.

VirtualBox adalah sebuah software yang digunakan untuk virtualisasi Operating System pada komputer.Selain VirtualBox, masih ada software yang bisa digunakan sebagai mesin virtualisasi antara lain, VMWare, Parralel, dll.

Instalasi VirtualBox bisa diinstall dengan cara yang mudah, yaitu :
  1. Install Sun xVM VirtualBox on Ubuntu9.04
  2. Install Windows XP didalam VirtualBox (kamu dapat memilih OS lain untuk diinstall dalam VirtualBox)
1. - Instalasi VirtualBox on Ubuntu 9.04 dengan mendownload klik disini

   
    - Setelah selesai mendownload klik Install Packet, masukkan password anda dan otomatis akan terinstall

    -  Klik Icon Install Package kemudian masukkan password anda dan package akan otomatis terinstall.

 
  
     - Setelah itu anda akan masuk ke dalam paket instalasi, pilih forward

 
 
Kita telah selesai menginstalasi virtualBox, maka selanjutnya kita akan beralih kepada installasi OS pada VirtualBox

2. Mula-mula buka menu application, pilih sistem Tools lalu pilih SUN VirtualBox
    -

0 komentar:

Posting Komentar