Sabtu, November 06, 2010

Tips Membuka Usaha Game Online atau Warnet

Teknologi yang semakin berkembang membuat timbulnya banyak usaha barang dan jasa yang melebarkan usahanya dengan membuat website atau toko online. Hal itu membuat para konsumen mau tidak mau melakukan jual beli secara online untuk menghemat waktu dan tenaga, dan tidak perlu susah-susah untuk pergi ke toko. Karena itulah maka bisnis pendukung usaha-usaha online tersebut turut pula berkembang pesat, salah satunya adalah warung internet (warnet). Warnet tidak hanya dibuka untuk melakukan browsing atau usaha jual beli saja, tetapi juga dapat difungsikan untuk para pengguna yang ingin bermain game secara online. Selain itu untuk para konsumen yang haus akan teknologi tetapi tidak mempunyai biaya yang cukup untuk membeli perangkat komputer serta perangkat lain untuk mengakses internet, maka solusi terbaik adalah mengaksesnya melalui warnet yang kini tersedia dimana-mana.

Untuk membuka sebuah usaha warnet, sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu hal-hal dibawah ini:

1. Warnet plus Game Online
    Hal ini adalah hal yang paling utama harus ada, sebab pengunjung yang mengakses game online lebih banyak daripada pengunjung yang mengakses informasi melalui internet. Oleh sebab itu jika ingin membuka usaha warnet maka wajib disertai game online.

2. Pilihlah lokasi yang strategis, seperti di dekat sekolah, kantor, atau pertokoan. Biasanya lebih umum terdapat disekitar kampus atau sekolah.

3. ISP yang terpercaya
      Pemilihan ISP (Internet Service Protocol) merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Sebab ISP akan menentukan kecepatan akses dari sebuah warnet, Harga sebuah ISP pun bervariasi, dan ISP yang mempunyai harga lebih tinggi biasanya mempunyai akses yang lebih cepat dari yang lainnya.

4. Perawatan dan update teknologi komputer
    Selalu utamakan perawatan dan update teknologi komputer yang ada pada warnet anda, sebab jika tetap mempertahankan teknologi komputer lama misalnya komputer tua yang memili akses lama maka pengunjung akan malas datang ke warnet anda.  

5. Pekerjakan seseorang yang paham akan teknologi komputer, dan juga ramah. Tujuannya adalah jika terjadi trouble pada sebuah komputer atau pengaksesan data maka orang tersebut dapat membantu pengunjung yang mengalami kesulitan.

6. Penyediaan fasilitas penunjang yang baik.
    Fasilitas penunjang seperti USB, floppy disk, dan CD/DVD room merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan pengunjung untuk menyimpan data yag telah mereka akses dan perhatikan pula fleksibilitas dari fasilitas penunjang tersebut. Selain itu penunjang lain seperti printer, scanner, serta webcam juga sebaiknya tersedia pada sebuah warnet untuk mendukung teknologi yang diakses.

7. Backup
       Maksud dari backup disini adalah tersedianya PC yang hanya dikhususkan untuk backup PC Router, PC Server, Billing dan PC Client. Agar sewaktu-waktu terjadi trouble kita masih menyimpan data penting dari warnet kita.

8. Tersedia juga fasilitas tambahan lain seperti AC atau kipas angin yang berfungsi baik, toilet serta makanan/minuman.

Semoga bermanfaat tips diatas.

0 komentar:

Posting Komentar